Apr 20, 2015

Tips: Memilih kartu memory kamera [part 2]

Tips memilih kartu memory bedasarkan kecepatan dan harga

Kecepatan

Semua kartu memory memiliki kecepatan yang berbeda-beda. Anda dapat dengan mudah menemukan informasi kecepatan kartu memory dari labelnya, biasanya produsen menulis kecepatan baca maksimum kartu. Namun jangan lupa yang paling penting dibutuhkan kamera anda adalah kecepatan menulis. Bayangkan anda mengambil gambar suatu momen, saat ingin menjepret lagi ternyata kamera masih dalam proses menyimpan foto; bisa-bisa momen yang sangat berharga telah terlewat.

Untuk SD card terdapat beberapa kelas yang ditetapkan oleh SD  Association. Kelas kecepatan ini dibagi dari kecepatan tulis dalam kondisi
paling buruk.

Class | Minimum Write Speed
2    2MB/dtk
4    4MB/dtk
6    6MB/dtk
8    8MB/dtk
10    10MB/dtk

Lalu pada tahun 2009 diperkenalkan standar UHS untuk SDHC dan SDXC yaitu kelas 1 dan 3.

Untuk CF card biasanya ditulis dalam satuan X, dimana X adalah 150 kb per detik; Sehingga bila kartu anda memiliki kecepatan 600X artinya kecepatan transfernya adalah 90 MB per detik.

Harga

Sederhananya semakin cepat kartu memory maka harganya akan semakin mahal, lalu yang menentukan diposisi kedua adalah kapasitas. Namun saat ini yang cukup jelas adalah harga SD Card lebih murah hingga 50% dari harga CF Cards. Di sinilah anda perlu berhati-hati dan berpikir dengan matang sebelum membeli.

No comments:

Post a Comment