Apr 20, 2015

Tips: Memilih kartu memory kamera [part 1]

Tips memilih kartu memory .Dengan banyaknya pilihan kartu memory di pasaran tentu membuat anda bingung saat harus memilih. Kartu memory memiliki beberapa kriteria seperti tipe, kecepatan harga dan kapasitas. Jika anda akan membeli kartu engan kapasitas besar dengan harga yang murah, mungkin saja kartu memory itu memiliki kecepatan yang rendah. Jika anda menginginkan kapasitas besar dan kecepatan tinggi tentu anda harus mengeluarkan kocek yang lebih besar. Karena itulah menemukan keseimbangan antara harga dan kualitas inilah yang menjadi tantangan.

Mari kita membahas kriteria yang ada satu persatu

Kapasitas

Ini adalah kriteria yang paling mudah untuk ditentukan berdasarkan kebutuhan. Bila anda menyimpan dalam format RAW, memory sebesar 32 GB mampu menampung sekitar 1000 foto (dengan asumsi satu RAW foto memakan 30 MB). Bila anda menyimpan dalam format JPEG maka kartu sebesar itu bisa menampung hingga 3200 foto (dengan asumsi satu foto memakan 10 MB ruang memory).

Tipe


Ada banyak tipe kartu memory untuk kamera, namun ada jenis kartu memory yang paling umum di gunakan yaitu : Micro SD card, SD card, Eye-fi card dan Compact Flash card.

Micro SD card

Kartu ini adalah miniatur dari SD card yang dirancang untuk telephone genggam. Kartu ini kecil, memiliki kapasitas penyimpanan cukup besar namun memiliki kecepatan transfer yang rendah.

SD card

Kartu ini sangat banyak digunakan oleh berbagai jenis kamera digital, apalagi jenis kamera saku. Pada saat pertama kali diperkenalkan pada tahun 1999 hanya tersedia dengan ukuran 2 GB. Namun saat ini terdapat SDHC yang memiliki kapasitas hingga 64 GB. Kabar baiknya ada standar SDXC yang baru diperkenalkan pada tahun 2009, standar ini menawarkan kapasitas maksimum hingga 2 TB dan kecepatan transfer lebih tinggi.

Eye-fi card

Jenis kartu ini mungkin terasa asing bagi sebagian dari kita, namun penggunanya juga cukup banyak. Seperti namanya, kartu ini memang unik. Kartu ini sama seperti SD card namun mengijinkan anda untuk mentransfer berkas ke komputer tanpa mencabutnya dari kamera.

Compact Flash card

Pertama kali diperkenalkan tahun 1994, kartu ini memiliki kapasitas dan kecepatan transfer yang tinggi. Karena itulah hingga kini kartu ini menjadi standar pada kamera-kamera profesional. Walaupun SD card memiliki kecepatan yang menyaingi CF namun tetap saja kartu ini belum ditinggalkan, bahkan ada beberapa kamera yang memiliki dua slot untuk CF dan SD card.

Lanjut ke Part 2

No comments:

Post a Comment