Aug 3, 2011

Fakta unik orang Zulu

Ini dia 7 fakta menarik dari suku Zulu
1. Suku zulu adalah suku asli terbesar di afrika selatan. Sekitar 10-11 juta orang dari suku zulu masih tinggal di afrika selatan, selain itu juga tersebar dalam jumlah kecil di Zimbabwe, Zambia, and Mozambique.
2. Di asingkan saat Apartheid . Pada saat dijalankannya politik apharteid oleh penjajah afrika selatan, suku zulu di asingkan di Kwazulu. KwaZulu berarti tempat bagi orang zulu. Saat ini tempat itu dinamakan KwaZulu-Natal, provinsi dimana mayoritas orang zulu tinggal di afrika selatan.
3. Inkatha Freedom Party, partai pergerakan orang zulu. Suku zulu yang dahulunya ditindas merasa bahwa perlu adanya kesamaan hak, karena itulah mereka bersama-sama mendirikan partai politik bernama Inkatha Freedom Party.
4. isiHulu bahasa separo afrika selatan. Bahasa suku zulu adalah isiHulu yang kini dipakai oleh mayoritas penduduk afrika selatan. Bahasa ini sebenarnya adalah bahasa bantu yang merupakan sub dari bahasa Nguni.

5. Pakaian wanita mengikuti statusnya. Para wanita suku Zulu dapat dengan mudah dibedakan statusnya dari baju yang dipakai. Bila orang itu masih single, akan dengan bangga menggunakan baju yang minim. Bagi yang telah bertunangan akan lebih tertutup. Sedangkan yang sudah menikah akan menggunakan pakaian yang tertutup.
6. Raga, jiwa dan bayangan. 3 hal itu dipercaya oleh orang zulu sebagai pembentuk makhluk hidup. Saat jiwa seseorang telah hilang, mereka percaya bahwa bayangannya masih hidup dan dapat dipertemukan dengan kondisi tertentu.
Sangomas
7. Sangomas sang dukun wanita. Selain mempercayai adanya roh halus, suku zulu tentunya memiliki dukun seperti suku-suku yang lain. Sangomas adalah dukun wanita yang bisa menyembuhkan berbagai penyakit lewat kemampuan supranatural maupun pengetahuan akan obat-obatan herbal.

No comments:

Post a Comment